RSS

Karena 'rumput tetangga lebih hijau'

Ada sifat manusia yang tidak bisa puas terhadap apa yang didapat, apa yang ada, sperti masih kurang saja. tetapi kenapa kekurangan-kekurangan itu justru utk orang lain. Merasa orang lain kurang sehingga muncullah 'menuntut dan menyalahkan', tanpa disadari sebenarnya bahwa smua itu karena kita yang kurang bersyukur.
Kenapa kita menuntut dan menyalahkan orang lain?
bisa jadi karena dampak psikologis, akibat terpojok, lalu mncari celah dng menyalahkan org lain lalu menuntut juga. lagi-lagi merasa orang lain kurang dan dirinya cukup, kurang bersyukur karena tak bisa melihat dan menerima apa yang sudah ada.

Ingatlah filosofi jari yang menunjuk. Satu jari menunjuk orang lain, tiga jari lainnya menunjuk diri sndiri. Itu artinya ketika mnyalahkan orang lain, 3 kali lipat ksealahan sebenarnya ada pada diri sndiri. bahkan bisa jadi penyebabnya ada dalam gelapnya relung hati kita.

Terkadang kita terlalu memanjakan diri, memperturutkan hawa nafsu, sehingga kita menjadi pribadi yang tidak bisa diharapkan dan diandalkan oleh orang lain.

Seperti memiliki sifat anak-anak, dimana anak-anak belum belajar bgaimana bertanggung jawab atas tindakan mereka. Seperti itulah orang yang suka mencari-cari kekurangan orang lain, tanpa dia sadari sendiri, sebenarnya kekurangan terbesar ada pada dirinya.

Orang itu juga dalam posisi lemah, ia mencoba mendapat dukungan atas situasi yang tidak menyenangkan dengan mnyalahkan orang lain. Ia merasa nyaman saat ada orang lain yang menanggung kesalahan atas hal buruk yang terjadi padanya. Bisa juga karena keinginan untuk memperbaiki kesalahannya, sehingga ia menyalahkan orang lain untuk membuatnya ''selamat''.

So, ambillah cermin, berkacalah pada diri sendiri terlebih dahulu sebelum menyalahkan dan mencari kekurangan orang lain. Introspeksi diri. Karena pada dasarnya kita tak mungkin bisa melihat kekurangan orang lain jika diri kita tidak memiliki kekurangan juga.

Apapun keadaan orang itu, kelebihannya, kekurangannya, terima dia apa adanya. Allah sudah menciptakan manusia dengan keberagaman kelebihan dan kekurangannya. Tak perlu menuntut orang lain menjadi seperti yang kita inginkan, tetapi tuntutlah diri sendiri untuk menjadi yang terbaik di antara yang paling baik.

based true story. sebuah pengalaman bertemu dan berinteraksi dengan seseorang selama 33 bulan 3 juli lalu.
:)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar